Rabu, 30 April 2014

Pengantar komputasi modern (tugas)



Nama : Indah Rahmawati (59410279)
Kelas : 4IA09

Rangkuman
CLOUD COMPUTING:
GELOMBANG INFORMATISASI LAYANAN DUNIA BISNIS
MASA DEPAN

Teknologi komputer merupakan salah satu teknologi yang mengalami perkembangan sangat pesat,karena didukung oleh banyaknya inovasi teknologi yang dihasilkan oleh banyaknya inovasi teknologi yang dihasilkan oleh banyaknya temuan-temuan baru terkait dengan keinginan manusia untuk mengotomasikan system kehidupan di dunia agar segala kegiatan hidup bisa lebih mudah,lebih efektif dan efisien. Akibat dari pemikiran inilah berbagai usaha berupa kajian ,penelitian dan pengembangan yang berkelanjutan di bidang hardware,software,infrastruktur maupun brainware untuk menghasilkan berbagai temuan baru yang cemerlang untuk diimplementasikan dan selalu disempurnakan.

Evolusi Era Informasi dan Cloud Computing

Di masa mendatang, setiap organisasi hanya menyambung ke jaringan cloud (computing grid) sebagai sumber daya komputasi sesuai yang diperlukan. Begitu terwujud, penghematan untuk informatisasi organisasi merupakan keuntungan besar yang tidak tersanggahkan, bahkan untuk organisasi besar, diantaranya karena hanya cukup menyediakan sumber daya komputasi secukupnya sesuai kebutuhan. Kebutuhan komputasi lainnya sudah disediakan oleh vendor penyedia layanan komputasi.

Perkembangan Teknologi Cloud Computing
Konsep cloud computing menjadi lebih mudah dimengerti ketika seseorang memikirkan tentang apa yang selalu dibutuhkan oleh lingkungan IT modern – sarana prasarana untuk meningkatkan kapasitas infrastrukturnya secara dinamis, tanpa menginvestasikan uang untuk membeli infrastruktur baru, tanpa harus selalu perlu mengadakan pelatihan personel baru dan tanpa perlu membeli lisensi software baru. Model cloud computing yang mencakup paradigm pembayaran langganan berdasarkan pemakaian atau bayar yang dipakai saja memberikan layanan yang dipakai lewat internet dan dapat menambahkan kemampuan instalasi IT yang sedang dipakai.
Beberapa Keuntungan Cloud Computing :
  1. Mengurangi biaya implementasi dan pemeliharaan
  2. Meningkatkan mobilitas tenaga kerja global
  3. Infrastruktur yang lentur/fleksibel dan jangkauan yang luas
  4. Kecepatan waktu ke pasar
  5. Transformasi bagian IT (focus pada inovasi versus pemeliharaan dan implementasi)
  6. Wacana penghijauan/perampingan pusat data
  7. Meningkatkan ketersediaan aplikasi kelas bisnis berkualitas tinggi sampai dengan kecil-menengah
Service Oriented Architecture (SOA)
Salah satu peningkatan pemanfaatan teknologi cloud computing adalah SOA, sebagai model arsitektur layanan bisnis lengkap perusahaan yang terintegrasi, dari awal sampai akhir, yang mencakup kebijakan, prinsip-prinsip dan kerangka yang menggambarkan bagaimana jaringan layanan dapat ditingkatkan dalam aplikasi perusahaan untuk mencapai tujuan bisnis yang diinginkan.



0 komentar:

Posting Komentar

 

indatynda Copyright © 2009 Girlymagz is Designed by Bie Girl Vector by Ipietoon