Minggu, 20 Februari 2011

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

Nama : INDAH RAHMAWATI
Kelas : 1IA09
Matkul: IBD



MANUSIA DAN KEBUDAYAAN
Manusia dan kebudayaan merupakan hal yang menyatu. Sekumpulan orang yang mendiami suatu tempat mempunyai kebudayaan yang sama. Budaya bersifat turun temurun yang mengharuskan generasi selanjutnya tetap menjaga hal tersebut dari pengaruh luar.
1.      Hakekat manusia
Manusia adalah makhluk sempurna dan makhluk social yang bertugas sebagai khalifah di muka bumi ini. Perbedaan manusia dengan makhluk lainnya sangat berbeda karena karunia Allah yang telah memberikan akal dan pemahaman. Manusia adalah makhluk hidup yang butuh makan,berkembang,melahirkan berkembang biak,butuh orang lain dan punya rasa sayang dan cinta. Manusia melakukan sesuatu berdasarkan akal dan pikirannya sementara makhluk hidup lain hanya menggunakan nalurinya. Manusia hidup berdampingan saling gotong royong,menghargi dan toleransi antar sesama.


image source : polres-gresik.net



2.      Kepribadian bangsa timur
Bangsa timur adalah bangsa yang santun dan menjunjung tinggi rasa kebersamaan. Bangsa timur sangat berbeda dengan bangsa barat bias dilihat dari gaya hidup,cara berpakaian dan sifatnya. Hal ini yang membuat orang dari wilayah lain tertarik mempelajari budaya timur. Keramahtamahan yang dimiliki bangsa mampu memikat turis asing datang kembali. Selain itu,bangsa timur sangat menjunjung tinggi budaya dan adat istiadatnya. Bangsa timur tingkat toleransinya juga tinggi Contohnya hubungan pelo gandong yaitu hubungan kekerabatan antar  satu atau dua desa yang berbeda agama yang dilakukan masyarakat Maluku. 

ktrperwakilankabmtb.wordpress.com

Sebagai bangsa timur,diharapkan kita bisa lebih mencintai dan menonjolkan nilai nilai kepribadian bangsa dari pada mengikuti budaya barat. Di masa kini memang Westernisasi tak dapat dipungkiri mengingat dengan mudahnya budaya tersebut masuk ke tanah air.

3.      Bagan psikososiogram manusia



http://www.google.co.id/

·         Nomor 7 dan 6 adalaha bagian tak sadar dan sub sadar,berada di alam bawah sadar pikiran kita. Misalnya tentang harapan dan impian.

·         Nomor 5 dan 4 adalah bagian kesadaran yang tidak dinyatakan dan dinyatakan. Yang tidak dinyatakan misalkan seseorang mempunyai pendapat tetapi tidak bisa mengatakan karena takut dimarahi. Sementara yang dinyatakan adalah seseorang mempunyai gagasan dan berambisi untuk mewujudkannya.
·         Nomor 3 adalah lingkungan hubungan karib. Artinya seseorang mempunyai hubungan yang sangat dekat dengan binatang atau benda apapun sehingga dia selalu mencurahkan isi hatinya kepada hal tersebut ketika dia merasa tidak kuat lagi. Setiap orang memang mempunyai kecendrungan terhadap hal seperti ini.

·         Nomor 2 adalah lingkungan hubungan berguna. Artinya seseorang mempunyai hubungan yang dekat dengan seseorang sehingga dia selalu merasa nyaman ketika berada didekat orang tersebut.

·         Nomor 1 adalah lingkungan hubungan jauh. Artinya seseorang mempunyai intuisi untuk melakukan suatu tindakan. Bisa dikatakan seperti mengikuti kata hati.

·         Nomor 0 adalah lingkungan dunia luar. Artinya seseorang melakukan interaksi dengan orang lain dengan membentuk suatu komunitas dan ditempat tertentu untuk menjalin komunikasi yang baik.


Pengertian kebudayaan



·         Menurut Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat dipengaruhi oleh sutu kebudayaan didalam masyarakat tersebut.
·         Herskovits memnadang kebudayaan sebagai superorganic yaitu kebudayaan bersifat turun temurun dari generasi ke generasi.
·         Andreas epping mengatakan cirri khas suatu masyarakat yang mengandung nilai social,norma social,ilmu pengetahuan dan keseluruhan struktur social.
·         Edward Burnett Tylor,kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks yang didalamnya terdapat pengetahuan,kepercayaan,adatistiadat dsb.
·         Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.

Dari berbagai definisi tersebut, dapat diperoleh pengertian mengenai kebudayaan adalah sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak.



UNSUR KEBUDAYAAN



Beberapa pendapat ahli yang mengemukakan unsure kebudayaan antara lain sebagai berikut:
1.      Melville J.Herskovits menyebutkan kebudayaan memiliki 4 unsur pokok yaitu:
a.      Alat-alat teknologi
b.      System ekonomi
c.       Keluarga
d.      Kekuasaan politik
2.      Bronislaw Malinowski mengatakan ada 4 unsur pokok yang meliputi:
a.      System norma social yang memungkinkan kerja sama antara para anggota masyarakat untuk menyesusaikan diri dengan alam sekelilingnya.
b.      Organisasi ekonomi
c.       Alat-alat dan lembaga atau petugas petugas untuk pendidikan(keluarga adalah lembaga pendidikan utama)
d.      Organisasi kekuatan (politik)

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya


7 unsur kebudayaan universal

Unsur-unsur kebudayaan tersebut dianggap universal karena dapat ditemukan pada semua kebudayaan bangsa-bangsa di dunia.
Menurut Koentjaraningrat ada tujuh unsur kebudayaan universal, yaitu:
a. Sistem religi yang meliputi:
o sistem kepercayaan
o sistem nilai dan pandangan hidup
o komunikasi keagamaan
o upacara keagamaan

b. Sistem kemasyarakatan atau organisasi sosial yang meliputi:
o kekerabatan
o asosiasi dan perkumpulan
o sistem kenegaraan
o sistem kesatuan hidup
o perkumpulan

c. Sistem pengetahuan meliputi pengetahuan tentang:
o flora dan fauna
o waktu, ruang dan bilangan
o tubuh manusia dan perilaku antar sesama manusia

d. Bahasa yaitu alat untuk berkomunikasi berbentuk:
o lisan
o tulisan

e. Kesenian yang meliputi:
o seni patung/pahat
o relief
o lukis dan gambar
o rias
o vokal
o musik
o bangunan
o kesusastraan
o drama

f. Sistem mata pencaharian hidup atau sistem ekonomi yang meliputi:
o berburu dan mengumpulkan makanan
o bercocok tanam
o peternakan
o perikanan
o perdagangan

g. Sistem peralatan hidup atau teknologi yang meliputi:
o produksi, distribusi, transportasi
o peralatan komunikasi
o peralatan konsumsi dalam bentuk wadah
o pakaian dan perhiasan
o tempat berlindung dan perumahan
o senjata



3 wujud kebudayaan menurut dimensi wujudnya

Menurut J.J. Hoenigman, wujud kebudayaan dibedakan menjadi tiga: gagasan, aktivitas, dan artefak.

*Gagasan (wujud ideal) 


Wujud ideal kebudayaan adalah kebudayaan yang berbentuk kumpulan ide-ide,gagasan,nilai-nilai,norma-norma,peraturan yang sifatnya abstrak. Wujud kebudayaan ini terletak dialam pemikiran warga masyarakat. Jika dinyatakan dalam tulisan,maka lokasi kebudayaan ideal itu berada dalam buku hasil karya masyarakat setempat.
*Aktivitas (tindakan)
Aktivitas adalah wujud kebudayaan sebagai suatu tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat itu. Aktivitas manusia yang saling berinteraksi,mengadakan kontak,serta bergaul dengan manusia lainnya menurut pola-pola tertentu dinamakan system social. Sifatnya konkret.
           *Artefak (karya)
            Artefak adalah wujud kebudayaan fisik yang berupa hasil dari aktivitas,perbuatan dan karya semua manusia berupa benda-benda atau hal yang dapat dilihat. Artefak bersifat paling konkret diantara ketiga wujud kebudayaan.

Opini:
Kebudayaan adalah suatu tradisi atau kegiatan yang bersifat turun temurun yang terjadi di tempat tertentu,dilakukan oleh masyarakat setempat dan menjadi ciri khas didaerah tersebut. Di era digital ini memang westernisasi tidak dapat dipungkiri. Sebagai generasi muda hendaknya kita bisa lebih selektif untuk menerima kebudayaan tersebut dan lebih menonjolkan kebudayaan kita. Orang timur berpikiran panjang dan terlalu hati-hati dalam bertindak. Misalkan ketika mengambil suatu keputusan,lebih memikirkan dampak apa yang akan terjadi,bagaimana kedepannya apakah akan menguntungkan saya dan pikiran pikiran lainnya. Hal ini sebetulnya memang kurang baik karena sebagai manusia hendaknya kita selalu berpikiran positif dan menyerahkan semuanya kepada Allah. Begitu juga dengan menilai oranglain,orang timur sangat berhati-hati. Inilah yang membuat orangtimur tidak mudah salah dalam menilai orang. Meskipun demikian,disatu sisi orang timur tidak bisa terpisahkan dari orang terdekatnya misalkan teman,sahabat,keluarga dsb. Mereka selalu berkeinginan untuk membuat orang-orang terdekatnya bahagia. Akibat terlalu tergantung dengan oranglain ,orang timur lebih suka dilayani daripada melayani. Intinya orang timur sangat menjaga budaya dan adat istiadatnya.







0 komentar:

Posting Komentar

 

indatynda Copyright © 2009 Girlymagz is Designed by Bie Girl Vector by Ipietoon