Selasa, 19 April 2011

manusia dan tanggung jawab


INDAH RAHMAWATI
59410279
1IA09
IBD


Tanggung jawab adalah sesuatu yang harus dilakukan atau dilaksanakan dengan sepenuh hati. Timbulnya tanggung jawab itu karena manusia itu hidup bermasyarakat dan hidup dalam lingkungan alam. Manusia boleh  berbuat semaunya terhadap manusia lain. Tanggung jawab itu bersifat kodrati artinya sudah menjadi bagian kehidupan manusia. Setiap manusia pasti dibebani tanggung jawab. Apabila tidak mau bertanggung jawab maka ada pihak lain yang memaksakan tanggung jwab itu. Dengan demikian tanggung jawab itu dapat dilihat dari dua sisi,yaitu dari sisi pihak yang berbuat dan dari sisi kepentingan lain. Di zaman sekarang miris sekali melihat banyaknya orang yang tidak bertanggung jawab alias lempar batu sembunyi tangan yaitu seseorang yang tidak berani bertanggung jawab atas perbuatannya sendiri, sehingga dia membiarkan orang lain menanggung beban tanggung jawabnya.

Jenis jenis tanggungjawab:
1.      Tanggung jawab terhadap keluarga
Contoh : Sebagai seorang kakak ketika ayah dan ibu sedang tidak ada atau meninggal dunia akan selalu menjaga dan merawat adiknya meskipun adiknya nakal.

2.      Tanggungjawab terhadap masyarakat
Contoh: sebagai seorang warga,saling menghormati tradisi yang ada dan selalu ikut kerja bakti atau gotongroyong sebagai bentuk pengabdian terhadap masyarakat.

3.      Tanggungjawab terhadap bangsa dan Negara
Contoh: sebagai mahasiswa harus rajin belajar dan menciptakan inovasi terbaru agar Negara ini tidak di jajah lagi.

4.      Tanggungjawab terhadap tuhan
Contoh : sebagai manusia  beragama akan menjalankan segala perintahnya dan menjauhi larangannya.
5.      Tanggungjawab terhadap diri sendiri
Contoh : memikirkan masa depan dan mewujudkannya demi masa depan yang lebih baik.


Pengabdian adalah perbuatan baik berupa pikiran ,pendapat atau tenaga sebagai perwujudan kesetiaan,cinta,kasih sayang, hormat atau satu ikatan dan semua itu dilakukan dengan ikhlas. Pengabdian itu pada hakekatnya adalah rasa tanggung jawab. Apabila orang bekerja keras sehari penuh untuk mencukupi kebutuhan,hal itu berarti mengabdi kepada keluarga. Lain hal nya jika kita membantu teman dalam kesulitan,mungkin sampai berhari-hari itu bukan pengabdian,tetap hanya bantuan saja.

Macam-macam Pengabdian

Munculnya pengabdian karena ada Tanggung Jawab, maka pengabdian dibedakan menjadi beberapa macam antara lain, :
a. Pengabdian terhadap Tuhan YME yaitu penyerahan diri secara penuh terhadap Tuhan dan merupakan perwujudan tanggung jawab yang diikuti oleh pengorbanan.Misalnya : shalat,zakat,puasa.
b. Pengabdian kepada Masyarakat, karena manusia hidup dan dibesarkan di dalam masyarakat sehingga pengabdian dan pengorbanan sebagai perwujudan tanggung jawab terhadap masyarakat.
c. Pengabdian kepada Raja, yaitu suatu penyerahan diri kepada raja yang melindunginya.
d. Pengabdian Kepada Negara, pengabdian yang timbul karena seseorang merasa ikut bertanggung jawab terhadap kelestarian negara dan demi persatuan dan kesatuan bangsa.
e. Pengabdian kepada harta, karena seseorang menganggap harta yang menghidupinya. Sehinggga tindakannya semata-mata demi harta, bahkan rela berkorban untuk mempertahankan hartanya.
Sumber: http://andreasutomo.ngeblogs.info/2011/03/31/pengabdian-dan-macam-macam-pengabdian-3/
Pengabdian kepada Negara dan bangsa yang juga menyolok antara lain dilakukan oleh pegawai negeri yang bertugas menjaga mercusuar di pulau yang terpencil. Mereka bersama keluarganya hidup terpencil dari masyarakat ramai,sementara itu setiap hari tiupan angin kencang dari laut tidak pernah berhenti,apalagi bila terjadi badai. Mereka bersunyi diri dalam mengabdikan diri demi keselamatan kapal yang lalu lalang. Kesenangan yang dapat dirasakan pegawai negeri di kota tidak dapat dirasakan,mungkin sekali-sekali bila mereka memperoleh cuti tahunan. Kesenangan dan kegembiraan sesame pegawai negeri hanya mereka bayangkan secara terang dialam yang demikian sepi.

*Pengorbanan

Pengorbanan berasal dari kata korban yang berarti persembahan,sehingga pengorbanan berarti pemberian untuk menyatakan kebaktian. Dengan demikian pengorbanan yang bersifat kebaktian itu mengandung unsure keikhlasan yang tidak mengandung pamrih. Suatu pemberian yang didsarkan atas kesadaran moral yang tulus ikhlas semata-mata. Pengorbanan dalam arti pemberian sebagai tnda kebakian tanpa pamrih dapat dirasakn bila kita mendengarkan khotbah.
Opini :
Pengorbanan adalah bentuk tanggung jawab yang tidak semua orang bisa melakukannya. Misalkan pengorbanan yang dilakukan seorang anak untuk ibunya seperti yang saya lihat di tayangan televise belakangan ini.
Sudah empat tahun ibunya lumpuh sehingga tidak bisa melakukan pekerjaan yang biasanya dilakukan seperti kebanyakan orang. Akhirnya semua pekerjaan rumah diselesaikan oleh anaknya yang masih berusia 5 tahun. Di saat anak seusianya sedang merasakan indahnya menjadi anak kecil,dia harus merawat ibunya yang sedang sakit dengan ikhlas dan penuh kasih. Sejak bangun tidur dia melakukan aktivitas mencuci,menyapu dan mengepel rumah serta membuatkan teh  hangat untuk ibundanya
Sumber : http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/ilmu_budaya_dasar/bab9-manusia_dan_tanggung_jawab.pdf

0 komentar:

Posting Komentar

 

indatynda Copyright © 2009 Girlymagz is Designed by Bie Girl Vector by Ipietoon