Kamis, 09 Desember 2010

hubungan sosial masyarakat


Hubungan Sosial Masyarakat






DISUSUN OLEH :
INDAH RAHMAWATI
59410279
1IA09



UNIVERSITAS GUNADARMA








BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar belakang
Perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat manusia menjadi mudah dalam melakukan aktivitasnya. Inovasi dan penemuan terbaru pun banyak bermunculan. Penemuan teknologi internet memudahkan manusia dalam hubungan social masyarakat pada jarak yang sangat jauh.

1.2  Batasan masalah
Batasan masalah yang saya ambil dalam penulisan ini adalah :
1.      Pengertian masyarakat
2.      Jejaring social

1.3  Tujuan penulisan
Penulisan ini bertujuan untuk:
1.      Memenuhi tugas mata kuliah ilmu social dasar.
2.      Mengetahui hubungan social masyarakat.













BAB II
PEMBAHASAN

Masyarakat adalah tatanan kehidupan manusia yang bersama-sama mendiami suatu tempat,mentaati norma-norma dan adat istiadat yang berlaku ditempat tersebut. Masyarakat digolongkan menjadi dua yaitu masyarakat sederhana dan masyarakat maju. Pada masyarakat sederhana,pola perekonomiannya sederhana atau belum sama seperti pada masyarakat maju. Masyarakat maju sering disebut sebagai sebuah kelompok yang berkembang dan mempunyai tujuan tertentu yang akan dicapai bersama. Sebagai makhluk social,manusia memerlukan orang lain. Untuk itu,manusia harus bersosialisasi dengan sesamanya untuk menjalin hubungan yang baik dimasa kini dan dimasa mendatang.
Perkembangan teknologi yang pesat,membuat hal tersebut menjadi mudah. Hadirnya SMS langsung menonaktifkan cara berkomunikasi satu arah pager. Akhirnya matilah teknologi komunikasi yang sempat popular saat itu karena kurangnya antisipasi dari perusahaan yang bersangkutan. Dengan hadirnya situs jejaring social membuat hubungan social masyarakat bisa dilakukan dalam dunia maya. Hubungan social masyarakat yang sempat terputus bisa kembali terjalin dengan memanfaatkan twitter atau facebook. Ketika hubungan tersebut kembali terjalin,akan menimbulkan dampak positif seperti:
1.      Berhubungan jarak jauh dengan biaya lebih murah.
2.      Penyebaran informasi antarteman jauh lebih cepat.
3.      Mempromosikan sesuatu.
4.      Bisnis.
Jejaring social telah menjadi kebutuhan sehari-hari dan gaya hidup masyarakat saat ini. Banyak manfaat yang bisa dirasakan dengan hadirnya jejaring social tetapi,banyak juga dampak negative yang dirasakan seperti kecanduan alias merasa ada yang kurang jika tidak membuka facebook atau twitter dalam sehari. Dengan adanya hubungan yang baik dimasa kini,akan tercipta hubungan yang baik dimasa depan.






BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Hubungan social masyarakat merupakan sebuah kegiatan berupa pendekatan social terhadap masyarakat untuk menjalin hubungan yang harmonis antar sesama. Kegiatan ini adalah hal yang sangat penting dilakukan oleh setiap manusia.
3.2 Saran
Dalam berhubungan social hendaklah saling tolong menolong dan hidup rukun demi terciptanya suasana yang damai dan tentram.

0 komentar:

Posting Komentar

 

indatynda Copyright © 2009 Girlymagz is Designed by Bie Girl Vector by Ipietoon