Minggu, 13 Maret 2011

Manusia dan keindahan

NAMA : INDAH RAHMAWATI  (59410279)
KELAS: 1IA09
IBD

Pengertian keindahan 

Keindahan sangat sulit untuk dijelaskan. Keindahan itu konsep abstrak yang tidak bisa dinikmati dengan jelas. Jadi, sulit bagi kita jika berbicara mengenai keindahan, tetapi jelas bagi kita jika berbicara mengenai sesuatu yang indah. Keindahan hanya sebuah konsep, yang baru berkomunikasi setelah mempunyai bentuk, misalnya lukisan, pemandangan alam, tubuh yang molek, film, nyanyian
. Keindahan dalam arti luas merupakan pengertian semula dari bangsa Yunani dulu yang didalamnya tercakup pula kebaikan. Plato misalnya menyebut tentang watak yang indah dan hulcum yang indah, sedang Aristoteles merumuskan keindahan sebagi sesuatu yang selain baik juga menyenangkan. Plotinus menulis tentang ilmu yang indah dan kebajikan yang indah. Orang Yunani dulu berbicara pula mengenai buah pikiran yang indah dan adat kebiasaan yang indah. Disamping itu terdapat pula perbedaan menurut luasnya pengertian, yakni :
a)    keindahan dalam anti yang luas
b)    keindahan dalam arti estetis murni
c)    keindahan dalam arti terbatas dalam hubungannya dengan penglihatan

Sumber : http://masuk.blogrezzaprawiratama.co.cc/2010/04/apa-siihh-keindahan-itu.html

Keindahan sebagai kualitas abstrak dan sebagai sebuah benda
Keindahan kualitas abstrak misalnya puisi. Puisi memiliki rasa kata dan bahasa. Rasa kata maksudnya adalah kekuatan dari pemilihan diksi yang kata-katanya harus dipilih secermat mungkin. Pemilihan kata-kata dalam puisi erat kaitannya dengan makna, keselarasan bunyi, dan urutan kata. Hal ini yang membuat puisi terkesan berkualitas keindahan abstrak . Keindahan konkret dijumpai dalam efek bunyi yang dihasilkan dan juga bentuk dari tulisan puisi tersebut (tipografi). Keindahan konkret di sini juga mengacu pada keindahan bunyi yang menyangkut rima, ritme, dan metrum (saat dibacakan).             Keindahan sebuah benda berupa karya karya seni seperti lukisan,patung dan sebagainya.

Keindahan yang seluas-luasnya
• Keindahan seni
• Keindahan alam
• Keindahan moral
• Keindahan intelektual

Nilai Estetik

Estetika adalah salah satu cabang filsafat. Secara sederhana, estetika adalah ilmu yang membahas keindahan, bagaimana ia bisa terbentuk, dan bagaimana seseorang bisa merasakannya. Pembahasan lebih lanjut mengenai estetika adalah sebuah filosofi yang mempelajari nilai-nilai sensoris, yang kadang dianggap sebagai penilaian terhadap sentimen dan rasa. Estetika merupakan cabang yang sangat dekat dengan filosofi seni

Perbedaan Nilai Intrinsik dan Ekstrinsik

Nilai Ekstrinsik adalah sifat baik dari suatu benda sebagai alat atau sarana untuk sesuatu hal lainnya (Instrumental/Contribution Value), yakni bersifat sebagai alat atau membantu.
Nilai Instrinsik adalah sifat baik dari benda yang bersangkutan, atau suatu tujuan ataupun demi kepentingan benda itu sendiri.

Kontemplasi dan ekstansi
Di kalangan umum kontemplasi diartikan sebagai aktivitas melihat dengan mata atau dengan pikiran untuk mencari sesuatu dibalik yang tampak atau tersurat misalnya, dalam ekspresi seseorang sedang berkontemplasi dengan bayang-bayang atau dirinya dimuka cermin.
Ekstansi adalah dasar dalam diri manusia untuk menyatakan, merasakan dan menikmati sesuatu yang indah.
Apabila kontemplasi dan ekstansi itu dihubungkan dengan kreativitas, maka kontemplasi itu faktor pendorong untuk menciptakan keindahan, sedangkan ekstansi merupakan faktor pendorong untuk merasakan, menikmati keindahan.
Teori dalam renungan
Teori Pengungkapan.
Dalil teori ini ialah bahwa “arts is an expresition of human feeling” ( seni adalah suatu pengungkapan dari perasaan manusia) Teori ini terutama bertalian dengan apa yang dialami oleh seorang seniman ketika menciptakan karya seni.

Teori Metafisik
Teori seni yang bercotak metafisik merupakan salah satu contoh teori yang tertua, yakni berasal dari Plato yang karya-karyanya untuk sebagian membahas estetik filsafat, konsepsi keindahan dari teori seni.
Teori Psikologis
Para ahli estetik dalam abad modern menelaah teori-teori seni dari sudut hubungan karya seni dan alam pikiran penciptanya dengan mempergunakan metode-metode psikologis.
Opini :
Keindahan adalah suatu hal yang bersifat menarik,enak dipandang mata dan sejuk untuk dirasakan. Banyak keindahan yang bisa kita lihat disekitar kita misalkan eloknya pemandangan alam,benda atau karya seni yang bernilai estetik.

0 komentar:

Posting Komentar

 

indatynda Copyright © 2009 Girlymagz is Designed by Bie Girl Vector by Ipietoon